Kamis, 15 Juli 2010

WORKSHOP PEMANDIRIAN KOMUNITAS WANITA NELAYAN

Sinergi – Betapa berharga sebuah kerja sama. Betapa berarti sebuah sinergi. Inilah yang diperlihatkan pada program pemberdayaan wanita nelayan di Karang Serang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang. Sebuah yayasan social dari Inggris, The Body Shop Foundation menyokong program ini.

”Dengan adanya program ini telah membantu, walaupun dari segi pembiayaan tidak besar. Tapi karena didampingi Mbak Pendamping, lalu diberi pelatihan-pelatihan bisa menambah keterampilan dan pengetahuan saya,” tutur Tati, seorang wanita nelayan yang hadir acara Workshop Akhir Program dan Pemandirian Lembaga Lokal yang diadakan di Desa Karang Serang, Senin (25/1). Tati adalah salah satu dari 38 orang wanita nelayan yang menjadi pemetik manfaat program pemberdayaan yang dijalankan selama enam bulan ini.

Workshop diselenggarakan dengan pesan pemandirian serta menghimpun dukungan berbagai pihak untuk pengembangan para wanita nelayan. Pihak pemerintahan setempat memberikan apresiasi tersendiri pada program. Hadir pada workshop yaitu Kepala Desa, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Kecamatan), dan Badan Kesehatan Desa (BKD) serta PUSKESMAS. Pada acara workshop program ini pihak kecamatan yang diwakili Kepala Kesejahteraan Sosial, Salawi, S.pd memaparkan mengenai peran kecamatan dalam pemberdayaan masyarakat. “Dengan adanya program seperti ini tentu dapat lebih membantu ibu-ibu nelayan untuk mengembangkan usahanya yang berskala kecil,” kata Salawi.

Pendampingan intensif dijalankan pada program ini. Beberapa pelatihan diberikan di antaranya pelatihan pembuatan turunan ikan dan kelembagaan komunitas. Para mitra dampingan telah mampu membuat beragam produk turunan ikan seperti kerupuk ikan, bakso ikan, dodol rumput laut, terasi, dan ikan asin tentunya.

Pada sisi kemampuan berkelompok, para wanita Karang Serang ini membentuk lembaga lokal Ikhtiar Swadaya Mitra (ISM) Mina Usaha Mandiri. Lembaga ini untuk selanjutnya dijadikan sebagai wahana komunitas mengembangkan ekonomi secara bersama-sama.

Kepada ISM Mina Usaha Mandiri, Masyarakat Mandiri menyerahkan asset reform secara simbolik dana sebesar Rp 40.500.000,-, diterima melalui Ketua ISM, Uung. Program sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha pengusaha mikro yang menjadi mitra serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Karang Serang.

0 komentar:

Poskan Komentar