Kamis, 01 Juli 2010

Inovasi Bisnis Dalam Manajemen Usaha Kecil

Banyak pelaku usaha kecil yang mengeluhkan sulitnya mengembangkan usaha, usaha yang dirintis mengalami kemandekan pada satu posisi tertentu. Bagaimana melakukan manajemen usaha yang benar, bagaimana membuat produk yang disukai pasar dan sederetan pertanyaan lainnya. Salah satu kunci jawaban dalam mengatasi persoalan tersebut adalah inovasi bisnis. Inovasi bisnis menjadi sebuah keharusan bagi setiap jenis usaha termasuk perusahaan dalam skala Usaha kecil Dan Menengah. Sebuah kalimat bijak mengatakan, Segala sesuatu mengalami perubahan, hanya perubahan itu sendiri yang tetap. Maka agar tetap eksis dalam persaingan usaha, pelaku usaha kecil harus menyelaraskan dengan perubahan itu. Untuk menyelaraskan dengan ritme perubahan adalah dengan melakukan inovasi bisnis.

Saat ini dunia termasuk dunia usaha telah memasuki gelombang kehidupan yang sangat cepat mengalami perubahan, contoh sederhana adalah teknologi Informasi, handphone dengan teknologi paling baru dalam beberapa bulan sudah akan tergusur dengan teknologi yang lebih baru. Komputer dalam beberapa bulan sudah akan nampak usang karena ada prosuk baru yang lebih canggih.

Dalam dunia bisnis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perkembangan teknologi, perubahan peta dan pasar sangat cepat mengalami perubahan.Produk yang saat ini laku di pasaran bisa jadi bulan depan sudah akan ditinggalkan karena modelnya sudah tidak disukai. Dengan demikian menjadi penting bagi pelaku bisnis melakukan inovasi sesegera mungkin, bahkan mengantisipasinya sebelum produk lama tidak laku lagi di pasaran. Budaya inovasi bagi pelaku usaha kecil menjadi hal yang penting bagi kelangsungan hidupnya. Budaya inovasi akan membuat sebuah perusahaan tumbuh dan berkembang dengan kokoh dan tak lekang oleh zaman.
Alasan Melakukan Inovasi Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa inovasi bisnis penting bagi usaha antara lain:
- Persaingan bisnis terus terjadi dan makin lama semakin ketat, hanya perusahaan-perusahaan yang inovatif yang akan dapat bertahan, dan tumbuh berkembang dalam lingkungan bisnis ini;
- Memenuhi kebutuhan konsumen dan mendorong arah pasar dapat dilakukan melalui inovasi.
- Membangun budaya inovatif dalam perusahaan juga akan membuat semakin hidup kreativitas sumber daya manusia yang ada dan menjadi tantangan yang menarik untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan karyawan serta kemajuan perusahaan;
- Inovasi akan dapat menjadi keunggulan perusahaan dalam jangka panjang berdasarkan keunggulan nilai, keunikan, tidak mudah ditiru, atau karena tidak ada produk pengganti.
- Kesadaran untuk selalu melakukan inovasi akan mendorong peningkatan peran departemen penelitian dan pengembangan serta menjalin kerja sama dengan institusi litbang lain.
Aspek-aspek Inovasi Bisnis

Di dalam sebuah perusahaan banyak aspek yang memungkinkan dilakukan inovasi dalam bisnisnya di antaranya adalah:
- Produk. Inovasi produk akan dapat meningkatkan kualitas, fungsi, menambah menariknya desain produk,serta menekan biaya operasional produk yang sesuai dengan keinginan konsumen;
- Pemasaran. Inovasi dalam pemasaran produk akan mendorong berkembangnya marketing mix sehinga dapat memperluas pasar yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.
- Penjualan. Inovasi dalam teknik-teknik penjualan yang baru akan meningkatkan efektivitas penjualan, market share serta meningkatkan keuntungan;
- Mengelola konsumen. Inovasi pada pengelolaan konsumen misalnya melalui Customer Relationship Management (CRM) akan meningkatkan loyalitas konsumen yang tinggi pada perusahaan.
- Pelayanan. Inovasi dalam teknis pelayanan seperti pelayanan after sales akan membuat kepuasan konsumen tinggi dan akan mendorong pembelian ulang.(Galeriukm).

Sumber : Drs Nur Feriyanto, MSi ,Staf pengajar Pascasarjana Ekonomi UII Yogyakarta pada Harian Kedaulatan Rakyat

0 komentar:

Poskan Komentar