Sabtu, 31 Juli 2010

Perhatikan Perilaku Konsumen

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan, akan tetapi tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan adalah perilaku konsumen. Konsumen punya perilaku yang independen terhadap kebijakan perusahaan, tetapi sangat menentukan penerimaan produk. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang harus dicermati oleh seorang pengusaha, antar lain :

Pertama, faktor lingkungan yang melingkupi konsumen, baik lingkungan keluarga, pendidikan dan sosial. Ketika ramai tren pakaian yang ketat, maka semua orang akan ikut. Begitu juga, ketika semua orang ramai-ramai menjadi facebookers.

Kedua, perlunya pengusaha memperhatikan sumberdaya konsumen, seperti waktu luang yang dimiliki, perhatian terhadap produk yang beredar serta kekuatan daya beli masyarakat sasaran pasar. Faktor lain yang juga patut dijadikan pertimbangan adalah sikap dan gaya hidup konsumen yang ingin dituju pengusaha berproduksi.

Ketiga, situasi psikologis yang melingkupi saat peluncuran produk dan jasa kepada costumer. Di sinilah pentingnya pengusaha untuk mampu mengelola informasi yang komprehensif tentang perilaku konsumen beserta perubahan yang terjadi.

Keempat, faktor lainnya yang juga harus mendapat perhatian pengusaha adalah pandangan agama atas produk dan jasa yang diluncurkan. Di Indonesia yang terkenal agamis, penting memperhatikan ini, karena kalau suatu produk mengandung zat yang dilarang agama pasti ditolak masyarakat.

Konsumen, bagaimanapun kondisinya adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pengusaha. Tanpa konsumen, pengusaha tidak akan berarti apa-apa. Kenapa? Karena produk tidak akan dapat terserap oleh pasar.

Jadi nasihat penting dan terakhir, jangan remehkan konsumen, apalagi mengabaikan kemauan dan perubahan perilakunya. Bagaimana dengan Anda?

0 komentar:

Poskan Komentar