Sabtu, 31 Juli 2010

Perhatikan Faktor Lingkungan

Pada tulisan sebelumnya disebutkan, faktor lingkungan mempengaruhi calon pelanggan mulai dari cara pandang sampai pada kemauan untuk membeli produk kita. Ini harus dipahami agar rencana pemasaran berjalan lebih baik dan tepat sesuai sasaran yang dituju.

Faktor lingkungan tersebut adalah :

Pertama, faktor budaya yang mencakup cara pandang masyarakat, perilaku keseharian masyarakat. Misalnya tidak menjual baju ketat di tengah masyarakat agamis.

Kedua, kelas sosial masyarakat sasaran. Jika pengusaha menghendaki pasar kelas atas, maka mulai dari produk sampai kenyamanan pelayanan harus diperhatikan. Bagi kelompok ini, ekslusivitas menjadi jauh lebih berharga dari hal lainnya.

Ketiga, faktor pribadi dan keluarga. Tiap pribadi dalam keluarga tentu punya pandangan berbeda, tapi saling mempengaruhi. Bagi pengusaha, menjadi penting untuk dikelola harmonisasi keluarga agar ragam produk tidak terlalu banyak. Atau kondisi ini dapat juga digunakan untuk menetapkan kelompok produk dalam keluarga. Dengan demikian, akan lebih mudah mengenalkan dan memposisikan produk di mata pelanggan.

Keempat, jangan lupa memperhatikan situasi dan suasana kebatinan yang berkembang. Hal ini menjadi penting, karena jika salah dalam kebijakan pada situasi tertentu, produk menjadi kalah bersaing dengan yang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar