Sabtu, 31 Juli 2010

Mi Ayam Gerobak


Mi adalah makanan yang sangat populer dan disukai oleh semua orang. Usaha mi ayam seolah tak ada matinya karena peminatnya tetap banyak. Ini adalah pasar yang luas.

Dengan menggunakan gerobak mi yang dijual mudah pindah mendekati tempat ramai. Gerobak dapat menjadi tanda pengenal bagi konsumen. Pada gerobak bisa ditulis nama mi, warna gerobak mudah diingat atau gambar mi yang mengundang selera.

Persiapan dapat dimulai dengan menyiapkan perlengkapan memasak, termasuk gerobak. Pengeluaran yang cukup besar ada pada pembuatan gerobak. Akan tetapi ini adalah investasi karena dengan gerobak yang kokoh dan tak mudah rusak, perlengkapan ini tahan lama. Jika menginginkan gerobak yang nyaman dikendalikan, serahkan saja pada ahlinya. Pembuatan gerobak ini berkisar Rp 1,2 juta.

Jangan lupa menyiapkan perlengkapan memasak. Dibutuhkan dandang, peniris, dan mangkok-mangkok untuk wadah.

Bahan baku berupa mi segar sebaiknya dibeli dari pembuat mi di pasar atau agen khusus mi basah/segar. Pemilihan bahan baku menjadi perhatian utama karena menu ini bergantung pada mi yang nikmat sekaligus sehat.

Bumbu dan toping sudah disiapkan dalam jumlah banyak sehingga ketika berkeliling, tidak akan kehabisan bumbu atau toping.

Langkah terakhir sebelum memulai berjualan adalah mencari tempat yang strategis, ramai, dan mudah dijangkau.

Cara Membuat Mi Ayam

Pembuatan toping. Potong ayam menjadi kecil-kecil. Sisihkan. Bawang daun dirajang halus. Bumbu dihaluskan. Tumis bumbu, lalu masukkan ayam yang sudah dirajang, masak sampai setengah matang, masukkan daun salam dan daun bawang. Masak lagi sampai matang dan taburkan garam, gula, dan merica. Angkat sisihkan. Toping berlimpah dengan rasa pas menjadi kunci laris.

Pembuatan kuah. Cuci tulang ayam sampai bersih. Rebus dalam air mendidih sampai benar-benar masak. Masukkan bawang putih dan bumbu lain yang sudah ditumis. Masak sampai tercampur rata.

Cara Menyiapkan. Rebus mi ayam dalam panci perebusan sambil dicelup-celupkan. Jika suka, bisa ditambahkan potongan sawi. Angkat. Taburkan bumbu (penyedap) dan minyak bawang (dibuat dari minyak dan bawang goreng yang dihaluskan). Tambahkan mi yang sudah masak, aduk-aduk. Sajikan dengan kuah, toping ayam, dan sambal. Jika ingin terlihat spesial bisa dengan menambahkan bakso.

0 komentar:

Poskan Komentar