Kamis, 15 Juli 2010

Mengelola Pemasaran Sebuah Usaha






Sering kita mendengar keluhan dari para pengusaha, bahwa kegiatan usaha barang/jasa yang digeluti mengalami hambatan pemasaran, seperti produk yang dihasilkan tidak terjual sesuai yang diharapkan. Padahal segala upaya telah mereka lakukan seperti membuat promosi dan mendiskon produk dengan tinggi. Namun masih saja penjualannya tidak menggembirakan. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi ?


Sudah tentu kondisi seperti ini akan sangat merugikan mereka. jika saja kondisi seperti ini terus berlangsung sudah tentu pula kegiatan usaha mereka akan mengalami kebangkrutan.
Barangkali mereka terlupa, bahwa pemasaran tidaklah sekedar menjual produk/jasa saja dalam waktu sesaat semata. Akan tetapi masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memasarkan produk/jasa. Seperti misalnya bagaimana membuat pelanggan merasa terpuaskan oleh produk/jasa. Pernahkah kita mengalami kekecewaan setelah membeli suatu produk ? Yang ternyata produk yang kita beli mutunya rendah, atau pelayanan yang kurang baik ? Bagaimana jika pelanggan mengalami kekecewaan ?

Nah pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang semestinya digunakan sebagai pertimbangan ketika hendak mengelola pemasaran usaha.

Pemasaran berbeda dengan penjualan

  • Penjualan, orang hanya sekedar menjual barang/jasa yang sudah ada dan bagaimana bisa menjualnya dalam jumlah sebanyak-banyaknya. Kadang menghalalkan segala cara tanpa tanpa memperhatikan kepuasan konsumen/pelanggan
  • Pemasaran selain bertujuan produk laku terjual juga bertujuan memuaskan pelanggan.
  • Pemasaran tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui proses yang panjang, mulai dari pembuatan produk hingga siapa saja sasaran produk.
  • Mengelola pemasaran sama halnya dengan mengelola kebutuhan dasar pelanggan dengan harapan ada respon balik berupa pembelian yang tidak terbatas waktunya.


Apa yang dimaksud dengan Pemasaran?

  • Pemasaran adalah strategi (cara) untuk memuaskan konsumen (manusia) mulai dari pembuatan, penyediaan, dan transaksi (jual beli) barang/jasa yang dihasilkan.
  • Melakukan pemasaran berarti bekerja dengan pasar, untuk melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen
  • Pemasaran adalah ibarat arena perang di mana pesaing adalah musuh kita dan konsumen adalah medan yang harus kita menangkan.
  • Pemasaran didasarkan pada kebutuhan dan kepuasan pembeli yang belum terpenuhi, baik yang berhubungan dengan barang, harga, kualitas/mutu dan lain-lain.
  • Bagaimana cara melakukan pemasaran ?


Cara-cara memasarkan produk sangat beragam, antara jenis usaha yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, memasarkan produk bagi pedagang keliling akan berbeda dengan pedagang warungan. Akan tetapi secara umum pemasaran dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Fokuskan pada kebutuhan konsumen. Ingat bahwa pemasaran tidak sekedar menjual tetapi juga berawal sejak dari penentuan pembuatan produk.

2. Lakukan promosi secara terus menerus dan terarah

Promosi adalah usaha-usaha untuk mengenalkan barang/jasa kepada masyarakat, dengan harapan dapat tercapai transaksi (jual beli). Cara melakukan promosi:

  • Dari mulut ke mulut. Cara ini merupakan cara yang paling murah, tanpa biaya, hanya mengandalkan kepercayaan pelanggan terhadap kelebihan produk kita (misal : kualitas bagus, harga murah, pelayananramah), maka pelanggan dapat menjadi agen promosi bagi yang lainnya.
  • Menyebarkan Brosur, selebaran, poster, baliho atau gambar . Cara ini memerlukan biaya, namun tidak begitu mahal jika disesuaikan dengan bahan yang akan dipakai. Sudah tentu perlu mempertimbangkan beaya jika memilih cara ini.
  • Media massa dan elektronik (Koran, majalah, radio, TV). Cara ini biasa dipakai untuk promosi bagi usaha-usaha besar, mengingat biaya yang dibutuhkan juga sangat besar. Harus seimbang dengan keuntungan yang didapat dari promosi ini.


3. Berikan diskon (potongan harga) dan hadiah atau bonus bilamana perlu, mengingat adanya pesaing lain. Cara ini kadang cukup efektif meraih pelanggan. Misalnya: Beli barang produk tertentu dapat bonus piring gratis.


4. Perhatikan teknik meraih pelanggan dan mencari pelanggan baru, dengan cara:

  • Pelayanan yang ramah
  • pelihara komunikasi dengan konsumen untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Pesan yang disampaikan hendaknya menjelaskan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menjaga mutu barang. Mutu adalah keseluruhan ciri serta sifat produk yang berpengaruh pada kemampuannya memenuhi kebutuhan kepada pembeli/pelanggan. Jadi ukuran pencapaian mutu bergantung berpusat pada pelanggan, yang mana pelanggan punya kebutuhan dan pengharapan tertentu.
  • Informasikan produk secara teratur kepada konsumen/pelanggant. misalnya bila ada produk yang baru


Apa yang Terjadi Jika Pelanggan Tidak Puas ?

Setiap orang adalah pelanggan. Pelanggan adalah setiap orang, unit atau pihak dengan siapa kita bertransaksi, baik langsung maupun tidak langsung dalam penyediaan produk. Jika terjadi ketidakpuasan pelanggan, kemungkinan akan terjadi hal sbb:

  • Pelanggan yang tidak puas berpotensi tidak akan membeli lagi produk
  • Setiap pelanggan yang tidak puas akan menceritakan kepada orang lain yang tidak terbatas jumlahnya.
  • Kerugian waktu usaha, tenaga dan uang yang diperlukan untuk menarik pelanggan baru.
  • Setiap pelanggan yang puas akan menceritakannya kepada orang lain yang tidak terbatas yang berpotensi menjadi pelanggan


Untuk selanjutnya, metode apakah yang akan Anda gunakan dalam memasarkan produk/jasa Anda, semua akan bergantung pada keuletan dan kreativitas Anda.

Selamat mencoba.dan sukses.

Penulis: Darmanto, Staff Bagian Infomasi Sekretariat Nasional ASPPUK

Tulisan ini telah dimuat di Tabloid Setara, edisi 5 Tahun 2006


0 komentar:

Poskan Komentar