Kamis, 15 Juli 2010

Acuan Pendidikan kewirausahaan perempuan berbasis potensi lokal

Pendidikan kewirausahaan perempuan berbasis potensi lokal merupakan upaya untuk pemberdayaan perempuan dalam bidang kewirausahaan

1. Pendidikan kewirausahaan perempuan berbasis potensi lokal adalah pendidikan yang bertujuan untuk pengembangan usaha ekonomi yang dilakukan oleh perempuan berdasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan bakat individu, dengan memanfaatkan potensi lokal, bernilai ekonomis dan berpengaruh pad kesejahteraan masyarakat setempat.

2. Pendidikan kewirausahaan Perempuan berbasis potensi lokal adalah usaha meningkatkan potensi diri perempuan dalam berwirausaha berdasarkan kreativitas, keterampilan dan bakat individu

3. Bantuan Program Pendidikan kewirausahaan perempuan berbasis potensi lokal merupakan program afirmasi yang diberikan kepada lembaga sebagai usaha pemerintah untuk memfasilitasi tumbuhnya wirausahawati berbasis potensi lokal yang berfungsi sebagai pengembang potensi Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam.

Sasaran Program

1. Perempuan berusia 15 tahun ke atas termasuk lanjut usia, prioritas berasal dari keluarga miskin, rawan korban kekerasan, eksploitasi dan pelecehan.

2. Tinggal di perdesaan atau daerah kantong penduduk miskin di perkotaan, tidak mempunyai akses perbankan nasional atau rentan terhadap tindak perdagangan orang.

3. Memiliki keterampilan dasar sesuai jenis wirausaha yang akan dikembangkan, namun belum atau tidak dapat berkembang tanpa bantuan orang lain/lembaga.

4. Bersedia mengikuti aturan yang ditetapkan lembaga penyelenggara , diperkuat dengan surat pernyataan dari yang bersangkutan.

5. Mendapat persetujuan dan dukungan keluarga untuk menjadi anggota kelompok kewirausahaan berbasis potensi lokal secara berkelanjutan.

6. Bersedia menjadi anggota kelompok kewirausahaan atau tempat permagangaan berwirausaha bagi anggota kelompok yang ingin berwirausaha secara mandiri

Tujuan Program

Program pendidikan kewirausahaan perempuan berbasis potensi lokal bertujuan untuk:

1. Mengembangkan potensi perempuan sebagai wirausaha dengan mengelola potensi sumber daya yang ada di sekitarnya.

2. Meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui pemberdayaan ke wirausahaan berbasis potensi yang ada di sekitarnya.

3. Meningkatkan kemampuan perempuan dalam melakukan usaha baik secara bersama-sama atau mandiri untuk memperkuat kehidupan diri dan keluarganya.

0 komentar:

Poskan Komentar