Kamis, 01 Juli 2010

Kapan Saat Tepat Membuka Cabang

logo-ceKesuksesan bisnis mengandalkan strategi jitu. Dibutuhkan kreativitas dan keberanian untuk merealisasikan ide mengembangkan usaha. Satu di antaranya adalah membuka cabang.

Tak perlu waktu lama untuk membuka cabang. Kisaran waktu enam hingga delapan bulan sudah cukup. Tentu saja lama waktu ini bergantung dari jenis bisnis Anda. Namun yang menarik, seperti dikatakan oleh penemu konsep Pecel Lele Lela, Rangga Umara, soal waktu sangat relatif tergantung keberanian si pengusaha.

Menurut Rangga, dalam kurun waktu delapan bulan, bisnis harus sudah berkembang. Inilah yang terjadi pada Pecel Lele Lela. Dalam tiga tahun perjalanan bisnisnya, rumah makan ini sudah berkembang menjadi 14 cabang di kawasan Jabodetabek.

Pada prinsipnya, pembukaan cabang bertujuan untuk mendekatkan bisnis kepada pelanggan. Artinya, penggemar bisa mengakses produk Anda lebih dekat dan cepat. Atau produk Anda bisa ditemukan di sejumlah tempat yang paling sering didatangi konsumen. Dengan begitu, setiap cabang bisa memberikan kontribusi lebih, dan bisnis semakin berkembang dalam waktu singkat. Menjadi penting di sini adalah nyali dan keyakinan untuk bereksperimen.

"Harus berani mulai buka cabang, karena dengan begitu bisa belajar menyelesaikan masalah yang lebih besar. Kalau terus-terusan dengan satu tempat saja nanti keasyikan, tidak bisa mengasah kemampuan," papar Rangga seperti dikutip dari Kompas Female.

Pengusaha muda ini pernah gagal dengan empat cabang yang dibukanya. "Empat cabang harus tutup karena kesalahan pemilihan lokasi," tuturnya.

Rangga belajar dari kegagalan tersebut dan menemukan formulanya, hingga saat ini berhasil mengelola 14 cabang. Untuk mulai membuka cabang, ini yang harus Anda lakukan:
* Keyakinan
* Keberanian memulai
* Mengatasi masalah
* Kemauan belajar
* Menemukan formula baru
* Berani gagal

0 komentar:

Poskan Komentar