Sabtu, 31 Juli 2010

Perhatikan Betul Keunikan Individu

Di samping faktor lingkungan, seorang pengusaha harus juga memperhatikan perbedaan tiap individu pelanggan yang menjadi sasaran pasar. Karena setiap konsumen mempunyai keinginan, pandangan dan sikap berbeda dalam membelanjakan uang dan memuaskan fantasinya.

Faktor tersebut antara lain :

Pertama, kemampuan sumberdaya konsumen. Tiap konsumen berbeda kemampuan ekonominya. Agar bisa tepat, seorang pengusaha harus mampu memotret dan kemudian mengambil kebijakan produksi dan harga yang setidaknya mampu mengurangi kesenjangan itu dan mendekatkan kepada kelompok besar pasar sasaran. Hal ini karena sulitnya memenuhi kebutuhan semua segmen secara optimal untuk masing-masing individu.

Kedua, perhatikan motivasi dan keterlibatan konsumen dalam mengonsumsi produk. Bisa jadi konsumen hanya ingin pengakuan, mencoba hal baru, agar diperhatikan orang disayangi, tetapi bisa juga karena pemenuhan kebutuhan pokok. Misal, orang beli ponsel ada yang karena butuh alat komunikasi, ada juga yang berusaha meningkatkan gengsi, dan lainnya.

Jika bisa melihat ini secara tepat, pengusaha bisa memperoleh manfaat ganda. Konsumen bisa menjadi pelanggan setia, dan menjadi pemasar aktif.

Ketiga, pengetahuan konsumen tentang produk. Jika konsumen tahu banyak tentang produk, mereka dapat menjadi pelanggan setia, karena tidak ragu pada produk itu..

Keempat, perhatikan juga faktor demografi. Dengan ini kita akan mendapat informasi calon pelanggan mulai dari umur, jenis kelamin, pendidikan dan lain sebagainya. Informasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar kebijakan penetapan pasar sasaran. Melalui ini, seorang pengusaha dapat membuat produk berdasarkan umur, jenis kelamin, dan juga dapat berdasarkan tingkat pendidikan.

Bagi pengusaha penerbitan buku, informasi ini dapat dijadikan dasar penetapan jumlah produksi buku ajar sesuai dengan potensi optimal pasar sasaran. Begitu juga, bagi produsen susu dapat digunakan untuk membuat produk yang diperuntukkan mulai dari kelompok anak-anak sampai konsumen usia lanjut.

Memang belum semua unsur pengaruh faktor perbedaan individu dijelaskan dalam tulisan ini, akan tetapi faktor ini yang jauh lebih dominan daripada yang lain.

Pengusaha yang jeli harus selalu melakukan pengamatan dengan menggali berbagai informasi, kemudian memetakan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik bagi keberlangsungan usaha yang digelutinya. Bisa jadi ke depan akan muncul faktor lain lagi yang lebih tepat untuk memotret setiap perbedaan yang muncul dalam perilaku konsumen. Bagaimana dengan Anda?

0 komentar:

Poskan Komentar