Rabu, 04 Agustus 2010

Bisnis Kreatif Butuh Seni "Menjahit" Kebutuhan Klien

Anda sedang mengincar bisnis di industri kreatif? Industri kreatif diperkirakan akan mampu bertahan menghadapi krisis karena berbasis ide dan kreativitas dari sumber daya manusia yang tak ada batas. Sektor yang termasuk industri kreatif, antara lain desain, video film dan fotografi, musik, permainan interaktif, komputer, dan peranti lunak.

Saung Angklung Udjo (SAU) menjadi satu di antara kisah sukses pelaku bisnis kreatif, dalam hal ini masuk dalam kategori musik. Budaya dan tradisi khas Indonesia tertangkap sebagai peluang yang terus berkembang. Inovasi kreatif harus selalu tercipta agar pasar terpenuhi kebutuhannya, dan bisnis semakin berkembang, demikian papar Joko Nugroho, Senior Partner SAU, saat ditemui Kompas Female setelah memimpin pertunjukan harmonisasi musik angklung yang diikuti ribuan mahasiswa dalam Seminar Wirausaha Mandiri, Jumat (22/1/2010) lalu.

Menurut Joko, dalam bisnis kreatif diperlukan penyesuaian dan kombinasi dari konsep yang sudah ajek. Dengan demikian, bisnis tersebut memiliki pembeda dan menyasar kebutuhan klien dengan tepat.

"Setiap bisnis pasti punya misi dan nilai. Bagaimana 'menjahit' nilai-nilai yang ada, menyesuaikan dengan kebutuhan klien menjadi faktor utama berkembangnya bisnis," jelas pria yang tak ingin disebut sebagai entertainer ini.

Joko menyebutkan, ciri usaha mandiri, seperti halnya SAU, harus memiliki nilai-nilai seperti:
- Yakin
- Keberlanjutan
- Disiplin
- Syukur
- Intensitas
- Sinergi
- Inovatif
- Hebat

Nilai tersebut, lanjut Joko, bisa "dijahit" dan bahkan dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk menciptakan kerja sama, kepemimpinan, dan inovasi dalam rangka menghasilkan produk yang menjual dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Nilai-nilai kemandirian tersebut bisa disajikan dalam permainan angklung. Dengan begitu, angklung tak sekadar menghibur namun menjadi hiburan motivasional dan edukatif, dan ini menyesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan klien," papar Joko, yang juga konduktor pertunjukan angklung khas Saung Angklung Udjo.

Sumber : Wardah Fajri/din (female.kompas.com)

0 komentar:

Poskan Komentar